Tim DD Sumsel dan ConocoPhilips Tinjau Jalannya Program LBD di Tiga Desa

102 views
Dompet Dhuafa Sumatera Selatan bersama ConocoPhillips, kembali meninjau jalannya Program Local Business Development (LBD)/ DD Sumsel

PALEMBANG – Dompet Dhuafa Sumatera Selatan bersama ConocoPhillips, kembali meninjau jalannya Program Local Business Development (LBD) hasil kerjasama dengan PT. ConocoPhillips.

Tim melakukan peninjauan di tiga desa, di antaranya Desa Sukamaju, Kecamatan Babat Supat; Desa Macang Sakti, Kecamatan Sanga Desa; dan Desa Lubuk Bintialo, Kecamatan Batang Hari Leko, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), dengan melihat langsung progres budidaya ikan lele, dari kelompok Rawa Makmur Barakoh (RMB) di Rawa, Desa Sukamaju, Kecamatan Babat Supat, dan budidaya ikan patin dari kelompok MBJM di Suban, Desa Macang Sakti dan Lubuk Bintialo.

M. Herlambang Tria, Staf Ekonomi DD Sumsel mengatakan tim LBD, yang terdiri dari DD Sumsel dan Concophillips, datang ke lokasi program LBD, selain meninjau juga mendistribusikan bantuan bibit buah-buahan dan sarana produksi untuk warga Desa Macang Sakti, Kecamatan Sanga Desa dan Lubuk Bintialo, Kecamatan Batang Hari Leko, dan juga memberikan pupuk NPK, dolomit, hormon jimy hantu untuk buah naga

Herlambang mengatakan, penerima manfaat buah-buahan di Desa Macang Sakti, berjumlah 80 kepala keluarga (KK), dengan pembagian (80 Mangga, 60 Jambu, 60 sawo). Sedangkan, setiap dusun ada 20 KK yang menjadi penerima manfaat.

Sementara, penerima manfaat bibit buah naga sebanyak 1.260 batang atau 315 tiang sebanyak 63 KK. Untuk penerima manfaat buah naga di Desa Lubuk Bintialo berjumlah 20 KK.

Tak hanya bibit, DD Sumsel juga menyalurkan pupuk kandang dari ConocoPhillips untuk kesuburan tanaman dan perawatan pohon buah naga.

“Kami bersama tim ConocoPhillips juga berkesempatan ke kebun buah naga dan kolam MBJM, panen bersama OIM Suban,” tuturnya, dilansir Znews.id.