Cuaca Ekstrem di Yogyakarta, Belasan Pohon Tumbang dan Talut Pemukiman Rusak

Ilustrasi Hujan dan Angin Kencang/ Foto: Metro-Online.co

YOGYAKARTA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta meminta masyarakat untuk tetap mewaspadai cuaca ektrem yang berpotensi bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta Hari Wahyudi mengatakan awal pekan ini, ada belasan pohon yang tumbang di berbagai lokasi saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Selain itu, ada juga laporan kerusakan talut permukiman.

Berdasarkan catatan BPBD Kota Yogyakarta, terdapat sebanyak 17 pohon tumbang di berbagai lokasi dengan beragam jenis pohon, seperti pohon melinjo, sawo, sono kapur, mahoni, manding, beringin, waru, dan trembesi.

Selain menimpa rumah penduduk dan kendaraan yang sedang diparkir, pohon tumbang tersebut juga mengganggu akses jalan umum, menimpa kabel listrik milik PT PLN, dan menimpa jaringan komunikasi, namun tidak ada korban dalam kejadian tersebut.

Warga juga diminta melapor jika menemukan tebing atau dinding talut yang rusak disertai aliran air yang tidak terarah karena berpotensi longsor saat hujan.

“Perubahan sekecil apapun yang terjadi di lingkungan sekitar perlu terus dipantau dan jika sudah mulai membahayakan bisa segera melapor ke BPBD atau instansi terkait lain,” katanya, Selasa (10/12/2019), dilansir Antara.