Garuda dan Vietnam sama-sama Kejar Mimpi

Tim U-23 Garuda Muda yang dikalahkan Vietnam 1 - 2 di penyisihan grup B SEA Games (1/12) kembali bertemu Vietnam di laga final, Selasa (10/12). Semoga menang, namun fair play, sportivitas dan persaudaraan ASEAN tetap perlu dijaga.

FINAL laga sepak bola SEA Games antara skuat Garuda Muda Indonesia melawan tim Vietnam hari ini diperkirakan bakal seru, karena kedua tim sama-sama terobsesi menjadi jawaranya.

Tim Indonesia U-23 yang dalam laga penyisihan grup B (1/12) takluk 1 -2 lawan Vietnam, membuka asa lagi setelah di semi final berjaya membungkam kesebelasan Myanmar, Sabtu (7/12) dalam perpanjangan waktu 15 menit paruh kedua dengan skor 4 – 2.

Indonesia pernah menjuarai SEA Games pada 1987 dan yang kedua atau terakhir dalam event SEA Games yang juga digelar di Filipina pada 1991, setelah itu, pada 1997, 2011 dan 2013 selalu kandas di final.

Sebaliknya, skuat Vietnam yang kini dibidani pelatih asal Korsel, Park Hang-seo juga pasti terobsesi meraih emas untuk pertama kalinya di event SEA Games, walau saat di bawah bendera Vietnam Selatan pernah juara di event sama (South East Asia Peninsula Games atau SEAP) pada 1959.

Di babak grup B SEA Games kali ini, Vietnam bertengger di tempat teratas dan tidak pernah terkalahkan, sementara di babak semi final, menghancurkan tim Laos 4 – 0, sehingga mengantarkannya melaju ke Vietnam melawan Garuda Muda.

Dari statistik, skuat Garuda Muda dan Vietnam sama-sama mengantongi 21 gol dan kebobolan empat gol, hanya saja di babak penyisihan grup, timnas Indonesia pernah kalah sekali saat melawan Vietnam, sebaliknya Vietnam tidak pernah kalah.

Duel pemuncak antara Garuda lawan Vietnam di stadion Rizal Memorial, Selasa pukul 19.00 WIB diperkirakan berlangsung seru mengingat performa keduanya yang mirip, bermain cepat, ngotot, dan mungkin diselang-selingi permainan ekstra keras.

Sebelumnya skuat Vietnam di bawah Park Hang-seo berhasil menaklukkan timnas Garuda Muda pada kualifikasi U-23 Piala Asia 2020 dan juga tim Garuda Senior pada Piala Dunia Zona Asia 2022.

Dari laga penyisihan Grup B SEA Games (1/12), tim Garuda Muda di atas kertas tampak “kalah kelas” dari Vietnam, terutama di hampir sepanjang babak kedua yang nyaris bertahan total, sehingga seolah-olah, kebobolan tinggal menunggu waktu.

Mudah-mudahan di laga final nanti, Garuda Muda tampil beda, lebih garang, menyambar setiap peluang yang muncul sehingga berhasil mengantarkannya menjadi jawara SEA Games kali ini.

Namun, jangan lupa juga, fair play, sportivitas dan persahabatan di antara sesama anggota ASEAN tetap lebih penting untuk dijaga.
Selamat berjuang para Garuda Muda!