Kebakaran Hebat di Philadelphia, Satu WNI Diduga Jadi Korban Tewas

123 views
Ilustrasi Kebakaran di Dhaka/ Reuters

PHILADELPHIA – Satu warga negara Indonesia diduga menjadi korban kebakaran di South Philadelphia yang terjadi selama 24 jam lebih pada Kamis lalu (19/12/2019).

Kebakaran diduga akibat ledakan gas, di daerah 8th Street, South Philadelphia, yang mengakibatkan tiga rumah  roboh. Media-media lokal di Philadelphia melaporkan sedikitnya dua orang diduga tewas, salah seorang korban ditemukan diantara puing-puing reruntuhan Jum’at siang (20/12/2019), setelah upaya selama beberapa jam untuk memastikan bahwa operasi pencarian korban dapat berjalan aman. Korban dilaporkan belum diketahui identitasnya.

“Ini insiden yang sangat berbahaya, dan masih berada dalam kondisi berbahaya. Jalan ini tidak aman dan kami perlu memastikan semuanya aman agar peralatan berat dapat digunakan dalam operasi,” ujar komisioner pemadam kebakaran, Adam Thiel.

VOA melaporkan belum dapat mengkonfirmasi kebenaran WNI diduga menjadi salah satu korban tewasnya. Namun KJRI New York mengatakan memang ada beberapa keluarga warga negara Indonesia yang tinggal persis di samping rumah yang terbakar, tetapi rumah mereka selamat dari musibah itu.

“Seorang warga negara Indonesia, atas nama Rudi Kambong, usia 65 tahun, sampai saat ini belum diketahui keberadaannya. WNI tersebut tidak tinggal di rumah yang terbakar, tetapi di sebelahnya,” ujar Irwan Datulangi, konsul konsuler di KJRI New York yang menangani isu ini ketika dihubungi VOA Sabtu pagi.

Berdasarkan informasi dari berbagai pihak diketahui bahwa Rudi menderita stroke dan saat kejadian sedang berada di rumah. “Ada saksi mata yang melihat WNI itu digendong oleh petugas pemadam kebakaran, tetapi belum diketahui dibawa ke rumah sakit mana,” tambah Irwan.

Sedikitnya enam warga negara Indonesia menderita kerugian materiil dan kehilangan dokumen-dokumen penting akibat kebakaran ini. Mereka belum diperkenankan memasuki tempat tinggalnya kembali hingga penyelidikan selesai dilakukan.