Kebakaran Hutan di Australia Tewaskan Sejumlah Petugas Pemadam dan Ratusan Ribu Warga Didesak Mengungsi

Ilustrasi kebakaran di Australia/ BBC
AUSTRALIA – Sekitar 100.000 orang didesak untuk melarikan diri dari lima pinggiran kota Melbourne pada Senin (30/12/2019) malam ketika krisis kebakaran hutan di Australia semakin membesar, yang juga telah menewaskan petugas pemadam kebakaran.
Pihak berwenang di kota terbesar kedua di negara itu menurunkan peringatan darurat kebakaran hutan sebelumnya, tetapi mengatakan warga harus menghindari api, yang telah membakar 40 hektar (hampir 100 hektar) padang rumput.

Vic Emergency mengatakan di Bundoora, hanya 16 km (10 mil) utara dari pusat kota dan rumah bagi dua kampus universitas utama Australia, namun  penyebaran api ke rumah-rumah telah berusaha dihentikan namun belum dapat dikendalikan.

Media lokal menunjukkan gambar-gambar pembom air terbang di atas lingkungan, dan keluarga menyemprot rumah mereka dengan harapan menghentikan penyebaran api.

Sementara Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan mengatakan seorang petugas pemadam kebakaran sukarela tewas di negara bagian New South Wales dan dua lainnya menderita luka bakar saat bekerja memadamkan api lebih dari lima jam di barat daya Sydney.

Sepuluh lainnya, termasuk dua petugas pemadam kebakaran sukarela, telah tewas sejauh musim kebakaran ini, demikian dilaporkan Aljazeera.