Rangkaian Respon Dompet Dhuafa Atasi Banjir Jabodetabek

JAKARTA – Merespon berbagai laporan akibat banjir yang menggenangi hampir seluruh kawasan Jabodetabek. Pada tanggal 1 Januari 2020, Dompet Dhuafa melalui tim Disaster Management Center (DMC) memberikan layanan Dapur Keliling (Darling) dengan lokasi Posko Dompet Dhuafa Cipinang Melayu, Universitas Borobudur dengan menyediakan minuman hangat dan roti untuk 500 warga terdampak banjir.

Selain itu, ada pula bantuan logistik, pos hangat dan layanan dakwah yang diberikan untuk warga terdampak banjir di beberapa tempat, seperti di Pancoran Mas, Depok berupa bantuan 50 nasi bungkus. Pondok Pinang dan Komplek Inhutani Ciputat, berupa bantuan 180 nasi bungkus. Jelambar Timur, Petamburan, berupa bantuan 50 nasi bungkus. Manggarai, Jaksel berupa bantuan 10 dus air mineral dan 50 roti dan Ciledug, Tangerang berupa bantuan 250 roti dan minuman hangat.

“Pos hangat kita ada di kampung parung sapi, desa sipak, Jasinga Bogor dengan memberikan bantuan 250 roti dan minuman hangat, kemudian untuk layanan dakwah dilakukan dari Cordofa,” ujar Akbar Kordinator tim DMC.

Di tanggal 2 Januari, Dompet Dhuafa kembali membuka layanan Dapur Keliling di berbagai lokasi untuk membantu para korban banjir yang melanda Jabodetabek, yaitu dengan menyediakan minuman hangat dan bubur kacang ijo untuk 500 warga terdampak banjir.

“Posko Dompet Dhuafa ada di kawasan Cipinang Melayu, Universitas Borobudur dan di Condet Balekembang, Jakarta Timur,” ucap Priyanto, Kordinator aksi DMC, Kamis (2/2).

Sedangkan untuk bantuan logistik Dompet Dhuafa berada di area Kwitang, dengan memberikan bantuan 50 nasi bungkus untuk warga terdampak banjir, dan juga melakukan survey assestment untuk aksi Bersih Itu Sehat (BIS) di Madrasah Ibtidaiyah Al-Falah Kwitang.

Selain itu, DMC Dompet Dhuafa menerjunkan tim Badan Pemulasaran Jenazah (BARZAH) beserta armadanya untuk mengurus jenazah korban longsor Kecamatan Cigudeg, Bogor.
Kerja tim juga tak lupa dikoordinasikan dengan stakeholder setempat untuk mempermudah jalannya evakuasi dan distribusi bantuan.

Tim Barzah Dompet Dhuafa juga sigap hadir di lokasi, berkoordinasi dengan warga setempat juga Polsek Cigudeg. Hingga beberapa hari kedepan, kami masih merespon evakuasi disini”, ujar Akbar Saddam, Koordinator Respon Wilayah Bogor