Iran Ancam Kekuatan Asing Termasuk Eropa untuk Tarik Pasukan dari Timur Tengah

189 views
Hassan Rouhani (AP)

TEHERAN – Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan kepada kekuatan asing untuk menarik pasukan mereka dari Timur Tengah, dan memperingatkan mereka “mungkin dalam bahaya” jika mereka tetap di wilayah tersebut.

“Hari ini, tentara Amerika dalam bahaya, besok tentara Eropa bisa dalam bahaya,” kata Hassan Rouhani dalam pidato yang disiarkan televisi pada hari Rabu.

Komentar Rouhani menjadi pertama kalinya ia mengancam negara-negara Eropa di tengah meningkatnya ketegangan dengan Amerika Serikat.

Komentar itu muncul sehari setelah Inggris, Prancis dan Jerman menantang Teheran karena melanggar batas-batas kesepakatan nuklir besar yang ditandatangani pada 2015 antara Iran dan enam kekuatan dunia.

Negara-negara Eropa mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka memicu mekanisme sengketa yang diatur dalam perjanjian penting untuk memaksa Teheran menghormati komitmennya berdasarkan perjanjian tersebut, yang secara resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), dari mana Presiden AS Donald Trump secara sepihak mengundurkan diri pada tahun 2018.

Gesekan di wilayah itu meningkat dalam beberapa bulan terakhir setelah serangkaian serangan di wilayah Teluk yang Washington tuduh atas Iran dan kuasanya, atas penolakan Iran.

Kekhawatiran perang habis-habisan muncul pada awal Januari setelah serangan udara AS menewaskan komandan militer Iran Qassem Soleimani di Baghdad, mendorong serangan balasan rudal Iran terhadap target AS di Irak.

Pasukan Eropa telah dikerahkan bersama pasukan Amerika di Irak dan Afghanistan. Prancis juga memiliki pangkalan angkatan laut di Abu Dhabi, ibukota Uni Emirat Arab, sementara Inggris telah membuka pangkalan di negara kepulauan Bahrain.