Setelah Dilanda Karhutla Hebat, New South Wales Bersiap Hadapi Badai ES dan Petir

68 views
Ilustrasi/ newsweeks

CANBERRA – Badai hujan es dan petir melanda ibu kota Australia, Canberra, pada Senin (20/1/2020), dan membuat sejumlah  pohon tumbang.

Bukan hanya di Canberra, tapu Badan Meteorologi juga memperingatkan warga di negara bagian New South Wales, yang sebelumya dilanda kebakaran hutan, untuk bersiap menghadapi badai yang mulai bergerak dari arah timur ke tenggara.

“Petir yang menyambar kemungkinan memicu sejumlah kerusakan. Hujan lebat dan hujan es kemungkinan akan menyebabkan banjir bandang. Kami sudah mengirim peringatan selama beberapa jam ke depan,” imbau Biro Meteorologi, dikutip AFP.

Perdana Menteri Victoria, Daniel Andrews mengatakan ancaman tanah longsor akibat hujan deras juga bisa mempersulit upaya membuka jalan yang tertutup akibat kebakaran hutan.

Kebakaran hutan yang terjadi sejak September 2019 membuat kunjungan wisatawan ke Australia turun sebanyak 10 hingga 20 persen.

Hingga saat ini kebakaran hutan telah menghancurkan lebih dari 2.600 rumah, ratusan juta hewan mati terpanggang, dan sekitar 29 orang dilaporkan hilang.