RST Dompet Dhuafa Sosialisasikan Bahaya Penyakit Geriatri

63 views

 

PARUNG – Hari ini RS Rumah Sehat Terpadu (RST) Dompet Dhuafa bersama Puskesmas Jampang mengadakan penyuluhan bahaya penyakit geriatri di RT 02, RW 03 Desa Jampang, Kemang, Bogor. Penyuluhan yang berlangsung selama 3 jam tersebut sedikitnya diikuti oleh 40 lansia dari berbagai kalangan.

Kepala Instalasi Penunjang Medis dr Farah Diba selaku dokter yang memberikan penyuluhan berujar, penyakit geriatri kerap menjangkit lansia karena sejumlah faktor. Ada pun penyakit tersebut bila diklasifikasikan serupa dengan penyakit degeneratif seperti kolesterol, struk, diabetes, osteoporosis dan gagal ginjal.

“Kurangi konsumsi makanan atau minuman yang memiliki kadar gula tinggi seperti teh manis, makanan cepat saji dan soft drink,” ujar Farah di hadapan peserta penyuluhan (22/1).

Ningsih salah seorang lansia yang mengikuti penyuluhan mengatakan, adanya kegiatan ini sangat membantu dirinya untuk mengetahui kondisi kesehatan. Selama penyuluhan nenek berusia 64 tahun itu mengikuti senam pagi, tensi darah dan timbang berat badan. Bagi para lansia yang memerlukan penanganan lebih lanjut, Puskesmas Jampang memberikan bantuan obat untuk dikonsumsi terbatas.

“Alhamdulilah emak jadi tahu kalau tensi lagi tinggi. Ini sangat membantu emak,” ujar Ningsih.