Empat Warga Sumedang Tertimbun Longsor, Dua Orang Tewas

101 views
Ilustrasi/ mediasulsel

SUMEDANG – Empat warga  di Bukit Gemlung Ukir RT 03 RW 15, Lingkungan Cilipung, Pasanggrahan Baru, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, tertimbun longsor, saat sedang memperbaiki saluran air.

Dua diantaranya ditemukan selamat dan dibawa ke RSUD Sumedang dan dua lainnya meninggal. Dua Korban meninggal dunia atas nama Elan alias Kumis (60) dan Apong (45). Sedangkan korban selamat yang mengalami luka-luka atas nama Uum (50) dan Dani (55).

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan, Agus Wibowo dalam laman resmi BNPB mengatakan peristiwa tersebut terjadi setelah hujan mengguyur wilayah Sumedang yang mengakibatkan tebing sungai Cipicung longsor dan menimpa empat orang warga yang sedang membetulkan saluran air.

Awalnya empat korban bersama warga mengajak ke tempat kejadian untuk membetulkan saluran air langsung ke pusat mata air daerah Bukit Gemlung Ukir RT 03 RW 15, Lingkungan Cilipung, Pasanggrahan Baru, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Minggu (26/1/2020) sekitar pukul 16.30 WIB.

“Sewaktu membetulkan air, tiba-tiba terjadi longsor dari atas bukit yang langsung menimpa korban dan terbawa hanyut. Pada saat itu, situasi kejadian dalam keadaan hujan. Selain itu kerugian materil akibat longsor, juga menimbun ke areal pesawahan milik warga yang baru ditanam dua minggu,” kata Agus.