Hakim Beraset Rp 8,1 Juta

3.735 views
Palu hakim ternyata juga sangat menentukan diri si hakim nantinya, masuk neraka atau surga.

HARI gini di era gombalisasi, ternyata masih ada hakim yang berprinsip biar tidak makmur asal jujur, siap miskin ketimbang masuk LP Sukamiskin. Dia adalah hakim Taufik Norhayat SH yang bertugas di PN Gunung Sitoli, Kab. Nias (Sumut). Bayangkan, meski PNS bergolongan IV-a, dia hanya punya harta Rp 8,1 juta sesuai catatan di LHKPN-nya. Bahkan dia punya utang di bank Rp 175 juta. Padahal kalau mau, hakim adalah profesi yang bisa bikin kaya, jika mau bermain-main dengan pasal-pasal KUHP.

Dalam sebuah hadistnya, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa dari 3 hakim, dua di antaranya akan masuk neraka. Tapi  jangan salah, itu bukan berarti mayoritas hakim nantinya akan jadi penghuni narun khamiyah (neraka jahanam), tapi tergantung keputusan atau vonisnya di persidangan. Dia hakim yang terbeli, atau hakim yang memang bodoh.

Dalam hadits riwayat Tarmidzi itu dijelaskan, ada 3 tipe hakim di dunia peradilan, yakni: 1. Seorang hakim yang mengerti kebenaran dan memutuskan sesuai dengan kebenaran tersebut maka dia termasuk hakim yang akan selamat dan masuk surga. 2. Seorang hakim yang mengerti kebenaran, tetapi tidak memutuskan sesuai dengan kebenaran tersebut maka dia termasuk hakim yang akan masuk neraka. 3. Seorang hakim yang tidak memenuhi kriteria sebagai hakim dan tidak mengetahui kebenaran lalu dia memutuskan suatu perkara berdasarkan kebodohan tersebut maka dia termasuk hakim yang akan masuk neraka.

Citra hakim di negeri ini, termasuk juga jaksa, polisi bahkan pengacara, selama ini negative, karena banyaknya oknum yang suka bermain-main dengan hukum. Itu salah satu hal yang mendasari dibentuknya KPK tahun 2003 dulu. Ada pemeo lama yang mengatakan, KUHP itu plesetannya sebagai Kasih Uang Habis Perkara. Dan ternyata pemeo itu hingga sekarang masih ada dan berlaku. Mungkin diperpanjang, kali ya?