Serangan Roket Kembali Hantam Pangkalan Militer AS di Irak

75 views
Salah satu rudal Iran yang jatuh di pangkalan AS di Irak/ GETTY
IRAK – Sebuah serangan roket menghantam sebuah pangkalan Irak di provinsi terpencil Kirkuk tempat pasukan AS ditempatkan.

Tiga sumber keamanan Irak yang terpisah mengatakan kepada AFP bahwa roket Katyusha menghantam pangkalan K1 Kamis sekitar pukul 8:45 malam waktu setempat dan pesawat militer AS segera mulai terbang rendah di daerah itu.

Serangan tersebut adalah serangan pertama di pangkalan K1 sejak 27 Desember, ketika satu voli sekitar 30 roket menewaskan seorang kontraktor AS di sana, yang dituduh Washington atas Kataib Hezbollah, sebuah faksi militer Irak yang dekat dengan Iran.

AS kemudian melakukan serangan balasan yang menewaskan 25 pejuang Kataib Hezbollah.

Beberapa hari kemudian, serangan lain menewaskan kepala Pasukan Quds (IRGC) Pasukan Revolusi Islam elit Iran, Jenderal Qassem Soleimani dan salah seorang pendiri Kataib Hezbollah, Abu Mahdi al-Muhandis.

Dilaporkan dari Baghdad, Simona Foltyn dari Al Jazeera mengatakan serangan itu terjadi pada akhir 40 hari berkabung di Iran atas kematian Soleimani.

“Ada kemungkinan bahwa ini ada hubungannya dengan berakhirnya masa berkabung 40 hari untuk Qassem Soleimani hari ini,” katanya, seraya menambahkan bahwa serangan itu dapat menyalakan kembali ketegangan di wilayah tersebut.

Serangan itu membuat marah para legislator Syiah Irak yang memilih untuk menghapus lebih dari 5.000 tentara AS yang dikerahkan di negara itu dalam sesi Parlemen 3 Januari.

Iran membalas pembunuhan Soleimani dengan rentetan rudal yang menargetkan dua pangkalan udara yang menampung pasukan AS di Irbil dan Ain al-Asad. Pasukan memiliki peringatan sebelumnya dan tidak ada yang terbunuh, tetapi lebih dari 100 sejak itu telah didiagnosis dengan cedera otak traumatis.

Iran dan AS sejak itu menahan diri dari eskalasi lebih lanjut, tetapi masalah pasukan AS telah memonopoli politik Irak.