Peringatan Dini Cuaca Buruk 16 – 18 Februari 2020

164 views

JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengeluarkan perigatan dini cuaca buruk dari 16 – 18 Februari 2020, di sejumlah wilayah Indonesia.

Dalam akun instagramnya BMKG menggunggah informasi wilayah berpotensi hujan lebat, yang diakibatkan massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Indonesia kecuali Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kep. Riau, Sumatera Barat, NTT, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara wilayah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan bagian Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah bagian Selatan, Sulawesi Selatan bagian Utara, Sulawesi Tenggara
bagian Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat bagian Timur, dan Papua bagian Tengah.

BMKG menambahkan terdapat sirkulasi siklonik di Laut Natuna (925/850 mb). Konvergensi memanjang dari Lampung, Laut Jawa, Perairan Selatan Kalimantan hingga Perairan Selatan Sulawesi Selatan. Daerah belokan angin terdapat di Sumatera bag Utara, Jawa, Kalimantan Timur, Sulawesi, Maluku, dan Papua Barat.