Paguyuban Tani : Anda Konsumsi Sayur #DirumahAja, Biar Kami yang Menanam untuk Anda

337 views
Biar Kami yang menanam Anda Mengkosumsi #DirumahAja. Foto: KMM

JAKARTA – Paguyuban Sumber Jaya Tani Cianjur, menampilkan foto dengan secarik kertas yang berisi “Kami tetap di sini merawat tanaman pangan untuk Anda, dan Anda tetap di rumah untuk kami,” “Biarkan Kami yang menanam dan Anda yang Mengkosumsi tetap #DirumahAja.”

Foto itu di share Senin (23/3/2020) oleh Zainal Abidin Siddik, Group Head Agro Dompet Dhuafa yang membawahi PT Karya Masyarakat Mandiri (KMM) Dompet Dhuafa (DD).

Paguyuban Sumber Jaya Tani Cianjur, diinisiasi Dompet Dhuafa didedikasikan untuk para petani warga Desa Sindang Jaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Inisiasi itu merupakan Program Mustahik to Muzakki bertagar #GreenHortiCianjur Dompet Dhuafa (M3) di desa tersebut, dilaksanakan sejak 2016 hingga 2017.

Dikatakan Zainal, setelah program assessment dilakukan, sejumlah dana program dikucurkan untuk mengimplementasikan Teknologi Pertanian Sehat Tepat Guna (TPSTG), yang sudah menjadi program pengembangan masyarakat yang dinisiasi KMM sejak 2015. Sesuai assessment, di lokasi tersebut dikembangkan komoditas sayuran (hortikultura).

“Selama satu tahun, para petani diperkenalkan dengan teknologi pertanian, yang terbukti mampu meningkatkan hasil panen, sekaligus memerbaiki kualitasnya. Keterampilan managerial skill pun diajarkan kepada para petani, sehingga mampu mengelola hasil pertanian kelompok taninya dengan lebih baik. Penguatan kelembagaan lokal pun dibentuk, untuk menguatkan posisi tawar mereka kepada tengkulak,” terangnya.

Platform pemberdayaan KMM DD, lanjut Zainal, tidak mengenal exit program. Yang ada adalah perubahan status dari penerima bantuan (beneficiaries) menjadi mitra (partner).

Di awal program, para petani dalam kelompok menerima dana program, berupa dana zakat yang dikumpulkan oleh Dompet Dhuafa. Sifat bantuan adalah dana hibah.

Setelah satu tahun program, lanjutnya, status para petani berubah menjadi mitra. Para petani paguyuban pun sudah memiliki sertifikasi profesi dari Lembaga Sertifikasi Profesi ‘Ambisi’ di bawah kontrol BNSP.

Sejak akhir 2017, Paguyuban memasok sayuran produksi mereka kepada KMM, yang memiliki pasar untuk produk-produk mereka. Siapa sangka, di saat krisis bahan pangan di pasaran akibat wabah virus Corona di tanah air, para petani yang tergabung dalam Paguyuban Sumber Jaya Tani, Cianjur, menjadi tulang-punggung pasolan sayur-mayur bagi para pelanggan setia KMM DD.

“Di saat hampir semua orang melakukan #WorkFromHome, para petani tetap setia memanen hasil tanam mereka, dan mengirimkannya kepada KMM. Dalam situasi krisis, mereka tetap setia melayani para pelanggan, tanpa kenaikan harga,” jelas Zainal

“Terima kasih, para petani Paguyuban Sumber Jaya Tani, Cianjur. Tetap sehat dan semangat!”