Kehidupan Berangsur Normal, Lockdown di Wuhan Diperkirakan akan Dicabut Minggu Depan

Situasi Wuhan yang sepi karena lockddown akibat corona/ EPA

CHINA – Kota Wuhan yang menjadi awal penyebaran virus corona  perlahan-lahan kembali normal setelah dikunci pada akhir Januari dan  diperkirakan kebijakan lockdown akan sepenuhnya dicabut pada 8 April.

Pada puncaknya, sekitar 56 juta orang di kota dan provinsi Hubei di sekitarnya terpaksa tinggal di rumah, dan semua perjalanan dihentikan.

Namun pada Senin kemarini, bisnis dan pusat perbelanjaan dibuka kembali  dan penguncian akan dicabut penuh minggu depan. Meski demikian, pengunjung tetap diharuskan menunjukkan status kesehatan sebelum memasuki sebuah pusat perbelanjaan, sebagaimana dilansir Aljazeera.

Warga berjuang untuk mendapatkan perawatan bagi anggota keluarga mereka, dan petugas medis kewalahan dengan kasus sebelum bala bantuan direkrut dari seluruh Tiongkok, dan rumah sakit lapangan dibangun, situasi yang sekarang sedang berulang di negara-negara yang dilanda bencana seperti Italia dan Amerika Serikat.

Tetapi ketika kehidupan perlahan-lahan kembali normal, ada kekhawatiran bahwa kasus penyakit ini dapat meningkat, tidak hanya karena orang-orang kembali dari episentrum baru penyakit di luar negeri, tetapi karena Cina tidak mengungkapkan jumlah kasus infeksi tanpa gejala.