Indonesia Disebut Sudah Lewati Fase Awal Pandemi COVID-19 dan Masuki Fase Akselerasi

Ilustrasi pemeriksaan sampel darah bagi pasien corona/IST

JAKARTA – Dokter spesialis paru Rumah Sakit (RS) Persahabatan dr Andika Chandra Putra menilai Indonesia sudah melewati fase inisiasi atau awal gelombang penyebaran pandemi COVID-19.

Kini, menurutnya Indonesia dan memasuki fase akselerasi wabah tersebut, yang ditunjukkan dengan laporan kasus baru yang terus meningkat, dan akan menghadapi fase puncak yang ditandai dengan jumlah laporan kasus paling tinggi dibandingkan sebelum dan sesudahnya.

Kemudian, seperti yang terjadi di beberapa negara lain di dunia yang mengalami gelombang kedua maka Indonesia harus mencegah adanya gelombang kedua penyebaran virus SARS-CoV-2, penyebab penyakit COVID-19.

Gelombang kedua tersebut, kata dia, berdasarkan penemuan kasus di luar negeri ditandai dengan pengulangan kasus infeksi pada seseorang yang sebelumnya telah dinyatakan negatif dari virus berbahaya itu.

Dia menjelaskan, seperti halnya yang terjadi di negara-negara lain, yang melaporkan gelombang kedua penyebaran wabah tersebut dari kasus-kasus yang datangnya dari luar.

“Jadi mereka dalam beberapa hari kasusnya zero, kemudian lockdown dikurangi. Tetapi kemudian kasusnya naik lagi dari imported cases,” ujarnya, dikutip Antara.

Dia menyarankan agar kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) lebih diperketat dan perlunya masyarakat untuk lebih waspada terhadap kemungkinan penyebaran virus.