Pejuang Lingkungan

ilustrasi

DEPOK – Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) sejatinya adalah Pejuang Lingkungan yang menjadi “Ujung Tombak” segala masalah yang terjadi di masyarakat. Dari masalah administrasi, kelahiran, kriminal, banjir, pernikahan, kematian dan lain-lain menjadi bagian dari tanggungjawabnya. Demikian pula dengan masalah pendemi seperti sekarang ini, mereka menjadi “Garda Terdepan” dalam mencegah dan mengatasi pasien terdampak Covid-19.

RT dan RW kerap menjadi “Ujung Tombok”, yang kudu mencari solusi bagi problematika keuangan di wilayahnya bila Kas RT dan RW tak mampu mencukupi kebutuhan untuk lingkungannya. Bahkan, tak jarang kebutuhan rumah tangganya pun mereka korbankan demi tanggungjawabnya sebagai pemimpin lingkungan.

Tak hanya itu, RT dan RW berperan pula sebagai “Ujung Tembok” atas kebijakan pemerintah yang tak berpihak kepada rakyat dan berdampak langsung pada warganya. Mereka kadang terpaksa harus berhadapan dengan warga yang dipimpinnya.

Sebaliknya, apresiasi pemerintah atas kinerja “Pejabat Segala Urusan” ini sangat minim dibandingkan dengan tugas yang mereka terima. Seharusnya, mereka berhak menerima imbalan yang memadai untuk kebaikan bagi banyak orang.

Di tengah kesibukan mereka dalam mengawal lingkungan menghadapi virus mematikan ini, sudah sepatutnya kita semua membantu mereka dengan tinggal di rumah dan berdo’a untuk kebaikan Pejuang Lingkungan di sekitar kita.

(Wong Kampung)