Korea Selatan : Tidak Benar Tidak Tampilnya Kim Jong Un di Depan Publik karena Operasi Jantung

Presiden Korut Kim Jong Un yang "menghilang" sejak 12 April lalu ternyata masih hidup, dan Jumat lalu (30/4) meresmikan pabrik pupuk di utara Pyongyang. Namun foto dan berita yang dirilis kantor berita setempat, KCNA, belum diverifikasi media-media independen asing. (foto AFP/KCNA)

SEOUL – Seorang pejabat Korea Selatan mengatakan Ahad (4/5/2020), Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un tidak menjalani operasi selama hampir tiga minggu absen dari kehidupan publik.

Hal itu dikatakannya setelah kedua Korea tersebut saling tembak di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua belah pihak .

Seperti dilansir Reuters, Pejabat pemerintah Korea Selatan saat itu menolak memberikan penjelasan, tetapi mengatakan laporan spekulatif bahwa Kim telah menjalani operasi, mengutip beberapa perbedaan dalam gerakan kakinya, itu tidak benar.

“Penilaian kami adalah bahwa (Kim) tidak menjalani operasi,” kata pejabat itu, yang menolak disebutkan namanya, kepada wartawan. Ditanya lagi apakah laporan media tentang Kim yang menjalani perawatan medis sederhana juga tidak benar, pejabat itu hanya mengatakan: “Ya.”