Pusat Penyebaran Corona di Inggris Pindah dari London ke Bagian Barat Laut

Grafik penyebaran Corona di Inggris. Foto: DailyMail

LONDON – Penyebaran Covid-19 dibagian barat laut Inggris telah melewati angka penyebaran di London yang belakangan masih tercatat menjadi pusat penyebaran virus Corona di Inggris.

Data yang dibagikan pemerintah setempat Ahad (3/5/2020) mengungkapkan pasien coronavirus di London telah merosot ke 2.033 sementara pasien dengan penyakit yang sama di bagian barat laut Inggris naik menjadi 2.191.

“Ini adalah pertama kalinya total wilayah di bagian barat laut Inggris melampaui angka kasus di ibu kota Inggris (London) sejak puncak wabah,” ungkap pejabat pemerintah Inggris, Ahad.

Jumlah pasien coronavirus di London memuncak pada 8 April dengan angka 4.813. Merupakan total harian tertinggi di Inggris dengan Perdana Menteri Boris Johnson di antaranya yang menjadi pasien di rumah sakit di ibukota pada saat itu.

Barat laut Inggris, sementara itu, memuncak pada 3 April dengan angka 2.908, tertinggi ketiga di Inggris setelah London dan West Midlands.

London tetap menjadi wilayah Inggris dengan jumlah keseluruhan kasus terbanyak di angka 24.828, sedangkan Barat Laut berada di urutan kedua dengan 20.125.

Itu terjadi ketika Inggris mengumumkan 315 kematian akibat virus korona baru Ahad ini, sehingga total kematian menjadi 28.446 dan menempatkan negara itu di jalur untuk menjadi yang paling terpukul di Eropa.

Dikutip dari DailyMail, korban tewas akibat Corona di Inggris sekarang hanya 264 di bawah Italia, berkemungkinan akan menyusul angka kematian tertinggi kedua di dunia itu setelah Amerika Serikat.