PMI Ingatkan Lonjakan Kasus Covid-19 di Luar Ibukota

Kepala Divisi Palang Merah Remaja (PMR) dan Relawan PMI Pusat Exkuwin. (ANTARA/HO)

JAKARTA – Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat mengingatkan semua pihak untuk tidak lengah dan mewaspadai peningkatan kasus COVID-19 khususnya di luar Jakarta agar dapat benar-benar memutus mata rantai penyebaran.

“Memang betul kita melihat ada kecenderungan penurunan angka COVID-19 di Jakarta, namun bukan berarti kita menjadi santai sebab terdapat daerah lain yang mengalami peningkatan kasus,” kata Kepala Divisi Palang Merah Remaja (PMR) dan Relawan PMI Pusat Exkuwin saat dihubungi di Jakarta, Rabu (6/5/2020).

Hal tersebut diingatkan terkait adanya peningkatan angka COVID-19 di Jawa Timur dan Jawa Barat sehingga penting untuk diwaspadai masyarakat.

Berdasarkan data perkembangan COVID-19 di Tanah Air hingga 5 Mei 2020 pukul 12.00 WIB sejumlah daerah di luar Jakarta mengalami peningkatan kasus.

Sebagai contoh ialah Jawa Barat dengan 1.300 kasus. Angka ini naik 48 kasus dari hari sebelumnya yakni 1.252 kasus, Jawa Timur 1.171 kasus atau mengalami peningkatan 47 kasus dari hari sebelumnya yakni 1.124 kasus. Kemudian di Jawa Tengah terdapat 849 kasus atau meningkat 51 kasus dari 4 Mei 2020.

Seperti dilansir Antara, jika hanya fokus pada penurunan angka di ibu kota, malah ada pihak atau masyarakat yang secara sembunyi-sembunyi melakukan pergerakan atau mudik dan tentunya berisiko besar dalam penyebaran COVID-19.