Menag Paling Pemberani

402 views
Warga yang taat ulama dan umaro, tidak terima tamu di Lebaran 1441 H.

TAK percuma Presiden Jokowi memilih Menag dari mantan jendral TNI. Fachrul Razi adalah satu dari 23 Menteri Agama RI yang paling pemberani. Dengan “backing” Covid-19, dia berani melarang tak usah salat Ied di lapangan dan mesjid, cukup di rumah saja. Tapi sebaliknya, rumah juga diminta tidak digunakan menerima tamu Lebaran 1441 H. Itu artinya, pintu rumah harus ditutup rapat pada 24 Mei 2020 kemarin. Tapi pintu maaf tetap dibuka 24 jam nonstop, melalui Lebaran online.

Coba, tanpa alasan Covid-19 dan dukungan MUI, Pak Menag melarang salat Ied di mesjid dan lapangan, melarang terima tamu Lebaran, pasti didemo umat Islam khususnya PA 212, bahkan diminta turun sekalian dari jabatannya. Lagi-lagi, karena virus Corona masyarakat jadi memaklumi.

Maka daerah Zona Merah sebagaimana DKI Jakarta, Lebaran 1441 H kemarin sungguh sepi luar biasa. Rumah saling bertutup pintu, hidangan di rumah dibikin sendiri akhirnya dimakan sendiri. Jalan tol juga terasa lengang. Baru kali ini orang muter-muter sampai Bandara Sukarno-Hatta, satu jam kemudian sudah sampai di Cililitan kembali. Itu artinya, rakyat patuh dan tunduk pada MUI dan Menag kita yang ke-23 sepanjang sejarah pemerintahan RI.

Tidak hanya tunduk dan takut pada ulama dan umaro, tapi juga takut akan penyebaran Covid-19. Siapa tahu sepulang dari salat Ied yang mengabaikan protokol kesehatan, yang berlebaran dengan saling berjabatan tangan, virus Covid-19 ada yang ikut terbawa pulang. Beberapa jam kemudian sudah dinyatakan PDP (Pasien Dalam Perawatan), dan jika tak beruntung kemudian berubah jadi PDB (Pasien Dalam Bandosa). Dalam bahasa Jawa, bandosa adalah keranda mayat.

Ada kecenderungan, virus Corona terus meningkat. Kemarin sore dilaporkan Jubir dr. Ahmad Yurianto, korban positip tercatat 22.750 orang sementara yang meninggal 1.391 orang. Maka Presiden Jokowi pun sejak 10 April menetapkan PSBB alias lockdown korting 50 persen. Kalau mobil –manual– namanya main setengah kopling. Ini berlaku bagi daerah Zona Merah.