Dompet Dhuafa Tekan Harga Hewan Kurban Tanpa Hilangkan Keuntungan Bagi Peternak

245 views

JAKARTA – Dompet Dhuafa berhasil menekan harga hewan kurban pada Tebar Hewan Kurban (THK) tahun 2020 ini namun keuntungan dan kesejahteraan bagi para peternak tetap menjadi prioritas utama.

Berdasarkan data yang diperoleh dari dompetdhuafa.org, harga kambing/domba, dapat diperoleh dengan harga mulai Rp 1.490.000,-, dengan kategori bobot 23-28 Kg. Sedangkan untuk sapi, dengan harga Rp 12.975.000,- para pekurban akan mendapatkan sapi kurban dengan bobot 250-300 Kg.

Abidin Sidik selaku Ketua THK Dompet Dhuafa saat Video Online Press Conference THK 2020 pada Senin (8/6/2020), menjelaskan harga murah tanpa membebani peternak dapat dilakukan dengan memutus keterlibatan rentenir dalam permodalan para peternak.

Dompet Dhuafa, menghadirkan investor-investor besar yang kredibel, untuk mendukung segala bentuk permodalan yang dibutuhkan oleh peternak.

“Sangat mungkin bagi kami, jika ingin menjual hewan kurban dengan harga yang sama atau bahkan lebih mahal, dan dengan itu kami bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Tapi itu bukan tujuan kami. Dompet Dhuafa ingin memberikan porsi bagi hasil paling besar untuk peternak. Sehingga kesejahteraan dan kelas mereka meningkat, berdaya”, terang Bang Jay.

Berkurban melalui lembaga seperti Dompet Dhuafa juga pendistribusian daging kurban disalurkan lebih merata, karena sejak 1994, Dompet Dhuafa telah terpercaya menyalurkan THK ke wilayah pelosok.

Selain mendapatkan harga yang terbilang murah, pembayarannya pun dapat dilakukan dengan sangat mudah. Dompet Dhuafa bersinergi dengan berbagai platform digital (e-commerce), Crowdfunding dan Fintech, sebagai bentuk fasilitas pembayaran/pembelian hewan kurban.

Sehingga, dimasa pandemi ini, para calon pekurban dapat tetap melaksanakan ibadah meskipun #DiRumahAja. Platform-platform digital tersebut di antaranya adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, JD.ID, Blibli.com, Blanja.com, Kitabisa.com, TaniHub, Elevenia, Dunia Halal, Fave, Ralali.com, Muslimnesia, BenihBaik.com, Peduli Sehat, WeCare.id, OVO, LinkAja, Sepulsa, Ayopop, ShopeePay, QRIS, Sobatku, juga Dana.