Dompet Dhuafa Berikan Bantuan dari Unilever ke Kawasan Zona Merah Covid-19

228 views

Rumpin, Bogor—Kecamatan Rumpin yang terletak tidak jauh dari Ibu Kota, masih memiliki sejumlah desa yang dikategorikan sebagai desa tertinggal. Bukan hanya itu, daerah yang merupakan bagian dari Kabupaten Bogor tersebut telah ditetapkan oleh pemerintah setempat sebagai zona merah Covid-19.

Melihat kondisi itu, Dompet Dhuafa turun untuk mendistribusikan paket bantuan dari Unilever ke desa Anamui, Nawing dan Medang yang berada di wilayah Kecamatan Rumpin. Bantuan ini difokuskan untuk pesantren-pesantren salafiyah (kobong) dan musala (musholla), pada Selasa (9/6/2020).

“Hingga saat ini, masih ada masyarakat yang melakukan aktivitas bersih-bersih di sungai Cisadane, dimana kualitas airnya sudah tidak baik. Hal itu karena belum memiliki kamar mandi di rumah masing-masing. Bantuan paket kebersihan dari Unilever untuk pesantren dan musholla ini diharapkan dapat membantu untuk menjaga personal hygiene dan sanitasi di pesantren,” tutur Hardy Agusman, tim Dompet Dhuafa.

Di tempat-tempat sederhana itu para santri mengaji Al-Qur’an dan kitab kuning. Menariknya, tidak ada iuran bulanan yang diwajibkan kepada santri. Semua diserahkan sesuai kemampuan masing-masing santri. Sehingga, keikhlasan menjadi landasan utama para ustadz mengabdikan dirinya untuk membina masyarakat.

“Terima kasih Unilever dan Dompet Dhuafa. Bantuan ini sangat bermanfaat untuk kebersihan santri dan merawat tempat belajar yang sederhana ini,” tutur Ustadz Abu, seorang guru ngaji di Riyadhul ‘Awamil Tsani, Medang, Rumpin.