Kembangkan Pendidikan di Pacitan, DD Jatim Bersama YALB Dirikan Pesantren dan Masjid

143 views

PACITAN – Meningkatkan pendidikan agama di wilayah Pacitan dan sekitarnya serta mencetak generasi qurani maka pembangunan berbasis pesantren dan masjid harus ditingkatkan. Melalui kerjasama Dompet Dhuafa (DD) Jawa Timur bersama Yayasan Atap Langit Biru (YALB) selaku MPZ (mitra pengelola zakat) Dompet Dhuafa sepakat mendirikan Pesantren dan Masjid di Desa Hadiluwih, Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Sabtu kemarin (21/6) DD Jatim beserta YALB melaksanakan peletakan batu pertama, pertanda dimulainya pembangunan Masjid dan Pesantren yang berdiri di atas tanah wakaf kurang lebih 1.000 meter. Dengan pembangunan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pendidikan keagamaan untuk warga Pacitan.

Peletakan batu pertama dihadiri oleh Kepala Dusun, Kepala Desa, Perwakilan Camat dan tokoh agama setempat. Dengan tetap menggunakan protokol pencegahan Covid-19, acara ini berjalan dengan lancar.

Ketua Yayasan Atap Langit Biru, Guntur (35) berharap agar pembangunan ini diberikan kelancaran serta dukungan dari para donatur dan masyarakat.

“Sampai saat ini sudah ada sekitar 30 santri penghafal Qur’an yang siap untuk menjadi santri,” ungkap Guntur, Senin (22/6/2020).

Sementara itu, Pimpinan cabang DD Jatim, Kholid Abdillah menuturkan Pacitan adalah daerah yang berada di ujung selatan provinsi Jatim. Banyak masyarakatnya yang sangat antusias mempelajari agama dan menghafal Quran.

“Semoga dengan hadirnya Masjid dan Pesantren ini, membuat Pacitan terus maju dan berkembang dari berbagai sektor terutama pendidikan,” ujar Kholid.