WHO Sebut Tingkat Infeksi Corona di Jabar Terendah di Pulau Jawa

Ilustrasi rapid test/ bisnis.com

JAKARTA – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan, berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tingkat infeksi di Jabar berada pada angka 6,6 persen, menjadi yang terendah di Pulau Jawa.

Dia mengatakan walaupun provinsi Jabar jumlah penduduknya besar, tapi tingkat infeksinya persentasenya paling kecil diurutuan ke-28 dari 34 provinsi,.

Dia melanjutkan, angka reproduksi efektif (Rt) COVID-19 Jabar konsisten di bawah 1, meski fluktuatif. Tingkat keterisian ruang perawatan COVID-19 di rumah sakit rujukan hanya 27,64 persen.

“Angka rata-rata reproduksi (Covid-19), Alhamdulillah di bawah 1. Setiap minggu kita melaporkan. Minggu ini memang ada kenaikan 0,9. Tapi, kalau rata-rata selama dua minggu, (Rt) kami 0,68,” ujarnya.

“Dan berita baik lagi dari rumah sakit, turun lagi tingkat keterisiannya. Jadi, keterisiannya selalu menurun, menandakan tingkat kesembuhan yang sudah tujuh kali lipat dari tingkat kematian. Sekarang tinggal 27,64 persen (presentase keterisian rumah sakit rujukan),” imbuhnya.

Kang Emil mengatakan,  sebagaimana dilansir Antara, Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar mendapatkan banyak apresiasi, termasuk dari Menteri Kesehatan (Menkes) RI, karena terus berinovasi dan berkolaborasi dalam penanganan COVID-19.