LKC DD Tetap Siaga Layani Pasien Sakit Ditengah Pandemi

NTB – LKC (Layanan Kesehatan Cuma-cuma) Dompet Dhuafa Cabang Nusa Tenggara Barat (NTB) merespon keluhan warga meskipun sedang dalam masa pandemi.

Pada Selasa siang (9/6/2020), Tim RDK mendapatkan panggilan bahwa ada warga yang memerlukan layanan kesehatan. Lanjut saja tim bersama beberapa personil bergerak menuju lokasi pasien. “Sebelum melakukan pergerakan, kami sudah mengetahui kondisi sebelumnya melalui info dari relawan atau warga setempat. Sehingga kami sedikitnya mengetahui riwayat penyakit pasien sebelum terjun ke lapangan”, ungkap Nazliansyah.

Pasien tersebut adalah Deky Aswandi (18) yang memiliki kelainan pada katup jantung dan adanya lubang pada skuat jantung atau jantung bocor, yang memerlukan bantuan berupa  Oxycan, alat untuk membantu pernapasan saat pasien sesak.

“Alhamdulillah, pasien dalam kondisi baik. Baru saja selesai ambil surat rujukan di Puskesmas Tanjung untuk berobat jalan ke rumah sakit provinsi. Kendala beliau terletak pada kebutuhan selama di rumah sakit. Karena orang tua beliau merupakan buruh tani”, pungkas Tim RDK LKC, Nasliansyah, ketika mengunjungi langsung ke rumah pasien di Dusun Leong Barat, Tegal Maja, Tanjung, Kab. Lombok Utara.

Sementara pasien lainnya yakni Sahlim (44) yang menderita stroke. Untuk pasien beliau, hanya minta dibantu setiap minggunya untuk kontrol ke rumah sakit. Karena kendala biaya. Istri beliau hanya guru di SMP”.

Diketahui angka kasus Covid-19 di wilayah Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) masih belum menurun. Pasalnya, wilayah tersebut bahkan terbilang belum stabil karena kasus penyebaran Corona masih naik-turun, hingga diasumsikan belum memenuhi persyaratan untuk menerapkan New Normal.

Namun LKC Dompet Dhuafa NTB, terus menggulirkan aksi kesehatan dengan tetap sigap melakukan layanan respon darurat tersebut.