Bantu Pengungsi Rohingya di Aceh Utara, Dompet Dhuafa Tetap Ikuti Protokol Kesehatan di Masa Pandemi

ACEH – Dompet Dhuafa Cabang Aceh dalam menggulirkan bantuan bagi para pengungsi rohingya yang terdampar di Aceh Utara tetap memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi.

“Namun, protokol kesehatan Covid-19 juga tetap akan dilakukan oleh tim Medis Dompet Dhuafa Aceh. Sebab pandemi Covid-19 masih patut diwaspadai. Seluruh pengungsi Rohingya juga telah menjalani Rapid Test dan hasil keseluruhannya dinyatakan Non-reaktif,” terang dr. Nuril, Pimpinan Dompet Dhuafa Cabang Aceh.

Dompet Dhuafa Aceh mengajak sahabat baik untuk mendo’akan serta partisipasi dalam donasi untuk memenuhi kebutuhan mendesak para pengungsi Rohingya di Aceh, seperti pendampingan kesehatan anak dan perempuan, paket obat-obatan, juga Hygiene Kit.

Penyintas Rohingya yang sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak, ditempatkan di tempat penampungan sementara bekas kantor imigrasi yang juga pernah dipakai pada 2016 lalu untuk penampungan sementara para pengungsi.

Nuril menuturkan Dompet Dhuafa Aceh sejak Kamis malam sudah melakukan assesment, advokasi dengan Pemda dan lembaga terkait, serta memberikan bantuan kesehatan darurat di lokasi.

“Kami membawa serta para tim Medis dan Nakes untuk turut sinergi gulirkan bantuan dalam penanganan kesehatan pengungsi Rohingya, terutama lansia, wanita, juga anak-anak. Kami pun mendirikan Pos Hangat untuk mereka”, tandasnya.