Infeksi Corona di Dunia Capai 10 Juta Kasus Setelah Ada Laporan Harian Tertinggi per 28 Juni

Ilustrasi evakuasi korban corona/ Reuters

WASHINGTON – Universitas Johns Hopkins melaporkan sudah lebih dari 10 juta orang di seluruh dunia terinfeksi virus corona dan jumlah kematian melebihi 500 ribu.

Sementara Organisasi Kesehatan Sedunia (World Health Organization/WHO) mengatakan jumlah kasus baru mencapai rekor harian tertinggi pada Minggu (28/6/2020), yaitu 189 ribu, dimana Brazil melaporkan paling banyak dengan 47 ribu kasus dalam periode 24 jam.

Banyak pakar kesehatan mengatakan jumlah pasti kasus-kasus di seluruh dunia mungkin lebih banyak dari yang dilaporkan. Mereka menduga sebagian negara tidak melaporkan statistik Covid-19 yang sesungguhnya.

Sebanyak 15 pemerintah dan laboratorium medis melakukan upaya serius untuk mengembangkan vaksin virus corona. Uji coba besar-besaran tahap pertama diperkirakan akan dimulai bulan depan di AS.

Dilansir VOA, pakar penyakit infeksi terkemuka AS, Dr. Anthony Fauci, telah mengatakan vaksin mungkin akan tersedia secepatnya akhir tahun ini.

“Kita pernah gagal sebelumnya. Ini bukan lomba siapa yang akan sampai lebih dulu. Ini adalah upaya untuk membuat sebanyak mungkin vaksin yang disetujui, aman dan efektif.”