Peneliti Cina Ingatkan Bahaya Virus G4 Juga Berpotensi Mewabah Seperti Corona

Peternakan Babi terserang flu. Foto: Christopher Furlong (Getty Images)

JAKARTA – Covid-19 yang awalnya ditemukan di Wuhan Cina belum usai membuat dunia sibuk, kini para peneliti Cina kembali memperingatkan akan kehadiran virus influenza baru yang kini tengah mewabah di pertenakan babi di Cina.

Menurut peneliti tersebut, jenis flu babi ini berpotensi meletus menjadi pandemi yang mudah menular kepada manusia.

“Tetapi meskipun ancamannya serius dan patut diawasi, namun bukan risiko bencana yang datang dalam waktu dekat,” ulas Gizmodo.

Temuan para ilmuwan diterbitkan dalam jurnal Prosiding National Academy of Sciences pada hari Senin (29/6/2020).

Mereka merinci munculnya galur influenza tertentu yang meresahkan yang telah menular di antara babi yang diteliti di Cina sejak 2016. Jenis ini, yang oleh para peneliti dijuluki G4, tampaknya merupakan hasil evolusi dari berbagai virus flu yang mencampur dan menukar gen di dalam babi.

Virus flu ini awalnya berasal dari burung yang hidup di Asia dan Eropa. Apa yang membuat Virus G4 ini lebih menakutkan?

Menurut penelitian itu, karena di dalam gennya ada virus terakhir yang menjadi pandemi sebelum covid-19, yakni jenis virus flu H1N1 yang sudah mewabah ke dunia antara 2009 dan 2010 yangtelah menewaskan sekitar 200.000 orang di seluruh dunia.

“Virus G4 memiliki semua ciri penting dari virus yang sudah mewabah itu,” tulis para peneliti.

Seperti dilansir Gizmodo, Rabu (1/7/2020), virus influenza merupakan sumber pandemi karena kemampuannya bermutasi dan menyebar dengan cepat di antara berbagai spesies.

Editor : Maifil
Sumber : Gizmodo