3 Falsafah Kunci Dompet Dhuafa Agar Terus Melayani Kaum Dhuafa

167 views
Ketua YDDR, Nasyith Majidi bersama Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa Imam Rulyawan saat potong tumpeng dan memberikan kepada OB dan security. (Foto: Romy)

JAKARTA – Dompet Dhuafa hari ini, Kamis (2/7/2020) menapaki usia 27 tahun, usia 27 tahun jika diibaratkan dengan pribadi seseorang hal tersebut sudah menjadi usia matang. Berbagai ragam cerita perjalanan kemanusiaan menjadi warna hingga bertahan dan terus berlayar meski di tengah pandemi Covid-19. Dimulai dari niat yang kuat, Dompet Dhuafa dalam perjalannya yang hanya mengumpulkan donasi beberapa puluh ribu saja akhirnya sampai mempunyai 9 Rumah Sakit, kliniknya sudah puluhan, dan macam-macam layanan dilakukan.

Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika (YDDR), Nasyith Majidi menjelaskan untuk mencapai umur saat ini apa yang dilakukan Dompet Dhuafa sebetulnya hanya satu, yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada para Dhuafa.

“Apa yang dilakukan Dompet Dhuafa sebetulnya hanya satu, memberikan pelayanan terbaik kepada para dhuafa. Arahnya tidak lain hanya untuk dhuafa agar bisa bangkit dari mustahuk kepada muzakki, arahnya kesana,” ucapnya di sela-sela pemotongan tumpeng acara milad Dompet Dhuafa dengan tema Harmoni Kebaikan.

Nasyith menambahkan ada 3 kunci yang selalu dipegang kuat agar Dompet Dhuafa dapat terus melayani dhuafa. Pertama, Keikhlasan, dimana energi iklaas akan menjadi motor penggerak semua yang akan dilakukan oleh Dompet Dhuafa. Kedua, peka terhadap apa yang terjadi disekitar kita.

“Falsafahnya kemodernan yang berkembang disekitar kita, seperti saat ini arahnya sudah digital teknologi dan kita juga mengelola bagaimana big data tersebut kita lakukan, hal itu juga dilakukan tidak lain agar dapat melayani sebaik-baiknya dhuafa,” sambung Nasyith.

Ketiga, selalu ke Indonesiaan. Lebih lanjut dikatakan Nasyith ruh ke Indonesiaan tersebut tidak boleh hilang, karena kita ini warga negara Indonesia, lahir juga di Indonesia, dan melayani dhuafa di Indonesia.

Acara momen puncak milad ke 27 tahun Dompet Dhuafa, diisi oleh beragam acara seperti pentas budaya, jalan puisi, sharing santai stand up comedy, music performance oleh Cokelat dan Anisa Rahman, Tausiyah dan Doa