China Sudah Uji Coba Vaksin Covid-19

236 views
Ilustrasi China dilaporkan sudah mulai menguji coba Vaksin Covid-19 temuannya untuk kalangan terbatas, anggota militernya.

CHINA selangkah lagi akan keluar sebagai penemu pertama vaksin Covid-19 yang sekarang sudah mulai menguji cobanya, terbatas di kalangan militer.

Perusahaan farmasi China, CanSino Biologics yang juga terdaftar di Hong Kong, seperti dikutip AFP (29/6) menyebutkan, profil vaksin temuan baru tersebut berdasarkan hasil uji klinis dinilai “aman” untuk digunakan melawan Covid-19.

Sejauh ini Badan Kesehatan Dunia (WHO) sudah mengindentifikasi 17 calon vaksin Covid-19 yang diteliti sejumlah negara di dunia, lebih dari separuhnya berasal dari China selain ada 130-an yang masih dalam tahap pra-uji klinis.

Selain Amerika Serikat, negara-negara Uni Eropa (UE) yakni Belanda, Italia, Jerman dan Perancis membentuk aliansi untuk melakukan penelitian guna mempercepat penemuan vaksin Covid-19, belum lagi yang melakukan sendiri-sendiri.

Dengan membentuk kemitraan, termasuk dengan menggalang industri farmasi di keempat negara tersebut, diharapkan jika sudah berhasil ditemukan dan diproduksi secara massal nantinya, vaksin bisa tersedia di seluruh daratan Eropa.

Sejauh ini pengobatan pasien Covid-19 dilakukan dengan mengobati  penyakit penyerta yang didiagnosa atau menggunakan obat avigan pelawan influenza, hydrochloroquinine anti malaria dan remdesivir untuk melawan infeksi virus ebola.

Sampai hari ini (2/7) tercatat 10.785.853 kasus infeksi Covid-19 diseluruh dunia, 517.929 orang meninggal dan  5.928.921 sembuh, korban terbanyak di AS sebanyak 2.775.366 kasus, yang meninggal  130.763 orang, sedangkan di Indonesia tercatat 57.770 kasus Covid-19,  29.241 pasien dirawat dan 2.934 meninggal dunia.

Absennya vaksin memunculkan berbagai klaim keberhasilan penyembuhan Covid-19 bahkan ada yang berakhir fatal seperti bhiksu sakti di India dan pendeta di Kamerun yang mengaku dapat menyembuhkan hanya dengan sentuhan tangan, tapi berujung  kematiannya.

Begitu juga viral tentang ramuan herbal dari Madagaskar yang mendorong sejumlah negara di sekitarnya untuk membeli, bahkan seorang pemuda di Jawa tengah mengaku mendapat wangsit, tape singkong bisa digunakan melawan Covid-19.