China dan India Sepakat Tarik Pasukan

932 views
India dan China setuju menarik pasukan masing-masing dari perbatasan setelah terjadi bentrok di pegunungan Himalaya 15 Mei lalu.

CHINA dan India dilaporkan sepakat untuk menarik  pasukan masing-masing dari wilayah sengketa di perbatasan dataran tinggi Himalaya  demi mengurangi ketegangan.

Berita tentang kesepakatan tersebut disampaikan oleh media pemerintah China, Global Times, yang dikutip South China Morning Post Kamis (2/7).

Menurut keterangan sumber yang dekat dengan pasukan perbatasan China, kedua pihak sepakat mengambil langkah untuk meredakan ketegangan dengan melakukan penarikan mundur masing-masing pasukan secara bertahap.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri, China Zhao Lijian mengatakan kemajuan positif telah dicapai  untuk mengurangi ketegangan dan komunikasi yang erat antara kedua pihak akan berlanjut.

Pasukan kedua negara yang bertetangga ini terlibat ketegangan pada Mei lalu di Garis Kontrol Aktual (LAC) antara Ladakh yang dikelola India, dan Aksai Chin milik Beijing.

Masih beruntung, korban lebih besar bisa dihindari, karena berdasarkan perjanjian, patroli perbatasan di wilayah LAC dilarang membawa senjata api.

Kesepakatan itu berlangsung seminggu setelah ketegangan paling sengit mereka dalam beberapa dasawarsa, ketika 20 tentara India tewas dalam adu jotos dengan militer China di Lembah Galwan pada 15 Mei.

Tidak diketahui berapa jumlah personel militer Negeri “Panda” yang menjadi korban, di mana New Delhi sempat mengklaim ada 40 tentara yang tewas atau terluka dalam insiden itu.

China dan India, dua kekuatan nuklir dunia pernah terlibat perang terbuka akibat sengketa perbatasan yang menimbulkan kerugian material yang sangat besar dan ribuan nyawa pasukan kedua belah pihak. (Global Times/South China Morning Post/NS)