Sosiolog: Pandemi Covid-19 Bukannya New Normal Malahan Old Normal

210 views

JAKARTA – Madrasah Digital mengadakan diskusi virtual membahas masalah perubahan sosial saat new normal bersama Sosiolog UI, Imam Prasojo dan Ketua Asosiasi program studi Sosiologi seluruh Indonesia, Ida Ruwaida bersama moderator, redaktur harian Republika, Muhammad Fakhruddin.

Dikatakan oleh Ida Ruwaida, masa New Normal saat ini seperti kembali kepada old normal (normal lama) karena banyaknya kerumunan sosial yang masih terlihat meskipun sudah menggunakan protokol kesehatan.

“Temen kita melihat langit biru dahulu tapi sekarang tidak ada lagi, polusi kembali lagi, jadi bukan new normal malahan old normal,” ujarnya dalam diskusi, Jumat (3/7/2020).

Ia menambahkan, malahan bagi sebagian orang masih new normal dianggap aneh karena asing, makanya diwacanakan menjadi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Konsep new normal secara sosioligis itu menjadi nilai yg penting karena sosiologi melihat perubaham pada masyarakat ketika berbicara perubahan bisa direncanakan dan tidak direncanakan.

Sementara, Imam Prasojo lebih menjelaskan kepada hal-hal apa yang menjadi kerusakan alam sehingga menyebabkan virus berkembang menjadi pandemi global.