Jepang Luncurkan KA Peluru Anti Gempa

261 views
Jepang mulai mengoperasikan KA Peluru Shinkansen N700S yang bisa melaju sampai 360 km, aman dari gempa dan bisa berjalan saat listrik padam.

JEPANG dikenal selalu berinovasi dan berkreasi, salah satuya dengan mengembangkan kereta peluru ( shinkansen) baru yang tidak hanya cepat dan “wes..wes..wes nyaris tanpa suara, tetapi juga aman dari  gempa.

KA Shinkansen dengan nomor seri N700 S (Supreme) yang diuji coba, sejak 2019, menurut laporan CNN (3/7), mampu melaju dengan kecepatan 360 Km per jam atau saat ini yang tercepat di dunia dibandingkan dengan kereta-kereta api peluru lainnya.

N 700 S mulai dioperasikan sejak 1 Juli lalu dan dengan profil lebih aerodinamis, KA ini  jauh dari bising atau guncangan dan pada kecepatan rendah digerakkan dengan baterai ion lithium sehingga masih bisa berjalan jika ada gangguan listrik akibat gempa atau human error.

Tenaga cadangan menggunakan propulsi baterai ion lithium tersebut diperlukan misalnya dalam keadan darurat ketika  aliran listrik penggerak tiba-tiba padam saat KA berada di dalam terowongan di bawah tanah akibat gempa, human error atau gangguan lainnya.

Melayani jalur Tokaido Shinkansen yang membentang antara Stasiun  Tokyo dan dan Stasiun Osaka sepanjang 515 km, N700S adalah kereta peluru pertama yang dioperasikan di jalur tersebut sejak 13 tahun terakhir pengoperasian kereta sejenis

Dengan kereta N700S, waktu tempuh antara Tokyo – Osaka atau  sebaliknya bisa diperpendek menjadi sekitar 1,5 jam saja dibandingkan dengan kereta-kereta peluru jenis sebelumnya yakni Nozomi, Hakata dan Kodama yang memerlukan waktu antara dua hingga tiga jam.

Interior N700S didisain sedemikian rupa untuk membuat kenyamanan terutama bagi penumpang jarak jauh termasuk ruang bagasi yang lebih luas, sistem suspensi peredam getaran serta tingkat keamanan yang tinggi. (CNN/ns)