Merpati (dicurigai) Mata-mata Ditangkap di India

413 views
Ilustrasi merpati. Seekor merpati Pakistan di wilayah sengketa, Kahmir, India ditangkap karena dicurigai sebagai mata-mata setelah ditemukan cincin berkode angka-angka di tubuhnya.

SEEKOR burung merpati ditangkap oleh aparat keamanan India di dekat perbatasan Pakistan karena dicurigai membawa pesan rahasia yang  berpotensi mengancam kamanan negara.

Sky News dalam laporannya baru-baru ini menyebutkan, semula merpati tersebut berhasil diangkap oleh warga desa Manyari, Kashmir di dekat wilayah sengketa India dan Pakistan, kemudian menyerahkannya pada aparat keamanan setempat.

Berdasarkan keterangan polisi setempat, burung itu yang ditangkap warga ketika hinggap di atap rumah rumah seorang wanita berkewarganegaraan Pakistan kedapatan membawa cincin bertuliskan angka-angka sehingga warga desa mencurigainya sebagai pesan  rahasia atau kode dari negara tetangganya.

Kejadian ini bukan yang pertama, aparat keamanan di  wilayah itu sudah sering menerima laporan, bahkan pernah ditemukan burung yang membawa catatan, walau di wilayah Punjab, Pakistan juga sudah menjadi kebiasaan, burung diberi nomor tag sebagai tanda oleh pemiliknya.

Menurut catatan, India dan Pakistan terlibat perang besar saat pemisahan diri Pakistan pada 1947, kemudian sengketa terkait wilayah Kashmir pada 1965 dan pemisahan Bangladesh dari Pakistan pada 1971, belum termasuk sejumlah insiden antarkelompok pendukung salah satu negara tersebut.              (Sky News/ns)