Jepang Banjir, 92.200 Warga Diungsikan

192 views
Ilustrasi Banjir dan tanah longsor melanda Perfektur Kumamoto dna Kagoshima, Jepang Selatan akibat guyuran hujan deras

PREFEKTUR Kumamoto dan Kagoshima di Jepang selatan terendam banjir dan tanah longsor akibat hujan deras yang turun sejak Jumat malam sehingga membuat 92.200 warga mengungsi.

Belasan orang, menurut TV setempat NHK, diperkirakan tewas terjebak bajir, sementara sekitar sepuluh ribu anggota pasukan bela diri negeri itu (JSDF) dikerahkan untuk mengevakuasi warga ke tempat aman.

Banjir terjadi akibat luapan Sungai Kuma yang merendam sejumlah bangunan, mobil-mobil dan juga sebuah jembatan, sementara korban yang tewas sebagian besar lansia di sebuah panti jompo.

Gubernur Kumamoto, Ikuo Kabashima mengungkapkan, 14 dari 60 lansia penghuni panti jompo di Desa Kuma, sudah ditemukan oleh tim evakuasi dalam keadaan tidak bernyawa.

Selain genangan dan terjangan air, rumah-rumah dan bangunan juga rusak akibat tanah longsor dan lumpur yang dibawa oleh aliran sungai tersebut, sementara hujan diperkirakan akan turun sampai Minggu ini.

Banjir dilaporkan pula melanda kota Ashikita dan Hitoyoshi di Prefektur Kumamoto, sehingga tim penyelamat menggunakan helikopter dan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang terjebak di rumah-rumah mereka.

Sekitar 80.000 rumah di Prefektur Kumamoto dan Kagoshima dilaporkan mengalami pemadaman listrik, sedangkan layanan kereta peluru Shikansen kedua wilayah itu dihentikan sementara karena rel terendam air. (AFP/Reuters/ns)