WHO Akui Covid-19 Bisa Menular Lewat Udara

127 views
Ilustrasi/ AFP

NEW YORK –  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui pernyataan sejumlah ilmuwan yang mengatakan jika penularan virus corona Covid-19 bisa melalui udara.

“Kami mengakui bahwa ada bukti yang muncul, oleh karena itu kami percaya bahwa kami harus terbuka terhadap bukti ini dan memahami implikasinya mengenai mode transmisi dan mengenai tindakan pencegahan yang perlu diambil,” ujar pimpinan teknis WHO untuk pencegahan dan pengendalian infeksi Benedetta Allegranzi.

Sebelumnya 239 ilmuwan di seluruh dunia mengirim surat terbuka kepada WHO yang merinci bukti penularan melalui udara.

Allegranzi mengatakan bahwa WHO telah mendiskusikan bukti yang tersedia dengan banyak penandatangan selama beberapa bulan terakhir.

Sementara, pimpinan teknis WHO untuk Covid-19 Maria Van Kerkhove, mengatakan bahwa para penandatangan, yang banyak di antaranya adalah para ahli yang pertama kali menyurati WHO pada 1 April. Dia menambahkan lembaganya telah memiliki keterlibatan aktif dengan para ahli itu.

“Kami memproduksi ringkasan ilmiah, merangkum di mana posisi kami berada. Kami telah mengerjakan hal ini selama beberapa minggu,” kata Van Kerkhove, seraya menambahkan bahwa WHO telah terlibat dengan ahli epidemiologi, dokter dan pakar lain untuk mencoba mengkonsolidasikan pengetahuan yang berkembang seputar transmisi itu, demikian dilansir Foxnews.