LKC DD Purwokerto Berikan Layanan Kesehatan ke Rumah Warga di Masa Pandemi

PURWOKERTO –  Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Purwokerto menyadari dimasa pandemi ini masih banyak warga tak mampu yang hanya bisa berdiam diri di rumah dan tidak mendapat pelayanan kesehatan.

“Sebagian besar sudah tidak berdaya di rumah saja dan tidak mampu menjangkau fasilitas kesehatan,”jelas Arief Wijianto salah satu perawat LKC DD Purwokerto.

Karenanya, Arief ditemani dengan dua perawat lainnya mencoba mengelilingi sekitaran wilayah Purwokerto,seperti Purbalingga, Kebumen, dan Cilacap untuk memberikan layanan medis bagi mereka yang kesulitan mengakses layanan kesehatan melalui aksi Wound Care Volunteer.

Aksi tersebut merupakan sebuah pelayanan kesehatan untuk mereka yang menderita penyakit selain COVID-19.

Diketahui hasilnya ada 236 pasien yang dirawat dan kasus terbanyak rawat luka dekubitus akibat imobilisasi pasien post stroke, post kecelakaan lalu lintas, pasien kanker dan lainnya.

Salah satunya adalah Ibu Wiarni (37) perempuan asal Lamuk, Kec.Kejobong, Kab. Purbalingga, yang menderita kanker di sekitar wilayah payudara.

“Semua jadi serba sulit sekarang. Bahkan untuk menjadi tetap sehat saja juga sulit,” terang Arief, sebagaimana dikutip dari akun instagram resmi dompet dhuafa.

Hadirnya program Wound Care Volunteer sendiri merupakan bagian dari program Palliative Care (Palliacare) Dompet Dhuafa. Program ini merupakan layanan komprehensif multidisipliner dengan pendekatan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarga yang menghadapi masalah kesehatan fase lanjut.