Kim Jong Un Kembali Muncul

150 views
Pemimpin Tertinggi Korut KIm Jong Un tampil id depan umum pada peringatan 26 tahun meningalnya pendiri Korut Kim Il Sung yang juga kakeknya.

PEMIMPIN tertinggi Korea Utara Kim Jong Un yang akhir-akhir ini sering menghilang dari publik, muncul pada hari peringatan 26 tahun kematian kakeknya yang juga pendiri negara tersebut, Kim Il Sung.

Selain pejabat teras Korut seperti PM Kim Jae-ryong, menurut NK News, hadir Ketua Majelis Tinggi Choe Ryong-hae dan mantan PM Pak Pong-ju dan juga adik perempuan Kim Jong Un yang digadang-gadang sebagai calon penggantinya di monumen Mansu Hill, Pyongyang, Rabu (8/7) lalu.

Tidak ada tokoh lain yang hadir dalam acara peringatan tersebut selain deretan  tentara di sepanjang tembok bangunan monumen tersebut yang tidak mengenakan masker wajah.

Jong Un jarang tampil di hadapan publik akhir-akhir ini, diduga  diamankan oleh bawahannya dari pandemi Covid-19 walaupun mengklaim bahwa penyebaran virus maut tersebut sudah berhasil diatasi.

Rezim Jong Un bergerak cepat menutup tapal batas negara itu dengan  China guna menghentikan penyebaran Covid-19 awal Maret lalu dan ia mengklaim, Korut terbebas dari virus tersebut berkat kepemimpinan central partai yang visioner.

Namun Pemred NK News, Oliver Hotham meragukan klaim rezim Korut tersebut mengingat negara tersebut berbatasan langsung dengan China yang menjadi titik awal pandemi dan juga Korea Selatan yang jumlah korbannya juga cukup besar.

“Tapi mereka memang telah melakukan upaya pencegahan sejak awal, jadi mungkin saja berhasil mencegah penyebaran Covid-19 secara masif, “ ujarnya. (NK News/ns)