Kejujuran Orang Kecil

Korupsi berjamaah di DPRD Malang, mereka dipindahkan dari Rutan KPK ke Surabaya dengan naik KA.

BEBERAPA hari lalu viral diberitakan, tukang sapu PT KAI mengembalikan uang Rp 500 juta yang ditemukannya di gerbong KRL. Inilah kontradiksi kehidupan. Orang kecil cenderung jujur, sementara orang gedean malah banyak yang durjana. Jadi pejabat banyak yang korupsi. Orang kecil yang hidupnya pas-pasan masih punya kejujuran, sementara orang gedean bermental durjana karena keserakahan. Mereka menumpuk uang secara tak halal, padahal kalau mati yang menikmati anak cucunya.

Uang itu sebetulnya hanya sekedar sistem alat tukar belaka. Tapi orang tanpa uang jadi ketinggalan taraf hidupnya. Pengin ini itu tak bisa kesampaian, karena segala sesuatunya harus dibeli dengan uang. Padahal sesungguhya uang bukan segalanya. Tapi orang tanpa uwang, di kala sedang membutuhkan sekali, akhirnya bisanya cuma sangga uwang (bersedih).

Dan ternyata uang juga bisa menjadi tolok ukur kejujuran seseorang. Jika menilai uang adalah segalanya, dia bisa berbuat durjana mendzolimi sesamanya, dari yang maling kasaran hingga menjadi penjahat keuangan pakai dasi. Karena uang dianggap segalanya, maka Rutan KPK banyak penghuninya. Mereka adalah para koruptor yang haus akan uang.

Minggu-minggu ini banyak dipertotonkan pada kita, tentang panjahat perbankan dari Djoko Candra sampai  Maria Pauline Lumowa. Djoko Candra terlibat kasus cessie (hak tagih) Bank Bali (2000) dan Maria membobol Bank BNI (2003). Akhirnya dua-duanya kabur, Djoko Tjandra ke Papua Nugeni dan Maria ke Belanda. Si cewek baru saja ditangkap dan cowoknya meski sudah ngglibet di Indonesia hingga kini belum bisa dibekuk.

“Atlet” pelari ulung lainnya adalah Eddy Tansil. Dia kabur dari Indonesia sejak tahun 1993 dengan gondol uang Bank Bapindo Rp 1,3 triliun, tapi hingga sekarang tak kunjung tertangkap. Pernah muncul di RRC beberapa tahun lalu, tapi terus tak ada kabar beritanya. Kabarnya dia sudah operasi plastic. Mungkin pemerintah jadi tak semangat memburunya, karena muka plastik kan tidak ramah lingkungan.