Tiga Hari Berturut-turut, Angka Kesembuhan Corona di Jatim Tertinggi Secara Nasional

Ilustrasi pemeriksaan sampel darah bagi pasien corona/IST

SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan angka kesembuhan pasien Covid-19 akibat infeksi virus corona SARS-CoV-2 di Jawa Timur mengalami kenaikan signifikan dana dalam tiga hari berturut-turut  adalah yang tertinggi secara nasional.

Khofifah mengatakan secara kumulatif pasien sembuh sudah mencapai 6.134 orang atau setara 39 persen. Sementara pasien sembuh semenjak kunjungan Presiden Joko Widodo ke Jatim pada tanggal 25 Juni lalu, bertambah 2.898 orang.

“Alhamdulilah, selama tiga hari berturut-turut ini kesembuhan di Jatim merupakan yang tertinggi secara nasional. Ini merupakan kabar baik bagi masyarakat Jatim, dan kita berdoa bersama ke depan akan semakin banyak yang sembuh dari Covid-19,” kata Khofifah, Minggu (12/7/2020).

Berdasarkan pengumuman Kemenkes pada Sabtu (11/7), pasien sembuh di Jatim mencapai 318 orang. Angka ini menjadi angka kesembuhan tertinggi secara nasional. Angka kesembuhan tertinggi kedua diikuti Jakarta dengan 215 orang dan Sulawesi Selatan 176 orang.

Khofifah mengatakan, angka kesembuhan ini naik drastis dibandingkan recovery rate Covid-19 Jatim pada tanggal 25 Juni 2020, saat kunjungan Presiden Jokowi. Recovery rate kasus Covid-19 hari ini sekaligus menjadi capaian rasio tertinggi selama dua bulan terakhir.
Lihat juga: Target Corona Jatim Meleset Disebut karena Pemerintah Pusat

“Kami terus berharap dan optimistis tingginya angka kesembuhan pasien Covid-19 ini bisa segera membuat Jatim melalui masa darurat pandemi, sesuai instruksi dari Presiden Jokowi,” ujarnya.