Gunung Raung Terus Alami Gempa Tremor dan Keluarkan Gempa Letusan

Ilustrasi Gn Raung/ist

JEMBER – Gunung Raung dilaporkan mengalami gempa tremor 60 kali dan 33 kali gempa letusan pada Minggu (19/7/2020) ditengah aktivitasnya yang meningkat.

Aktivitas gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi, Jawa Timur tersebut terus meningkat sejak statusnya dinaikan dari normal menjadi Waspada.

Petugas pos Gunung Api Raung di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songom, Banyuwangi, Suparjan mengatakan, letusan dari dasar kawah yang dibarengi terjadinya kegempaan dirasakan hingga 10 km. Asap kelabu menyembur dengan ketinggian 200 meter condong ke arah timur mengikuti arah angin.

“Status Gunung Raung waspada, sehingga masyarakat dan pendaki diarang turun mendekati kawah yang ada di puncak, serta berkemah di sekitar puncak atau kawah Gunung Raung dalam radius 2 kilometer dari pusat kawah,” katanya, dikutip iNews.

Dalam radius kurang dari 2 kilometer sangat membahayakan masyarakat dan pendaki karena gas-gas vulkanik yang keluar dari kawah berbahaya bagi kehidupan manusia.

Aktivitas vulkanik Gunung Raung baik secara data pengamatan visual dan kegempaan, mulai menunjukkan peningkatan, maka tingkat aktivitas vulkanik gunung yang berada di Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi dinaikkan dari Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada) sejak tanggal 17 Juli 2020 pukul 14.00 WIB.