Pemukim Israel Bakar Ratusan Pohon Zaitun Rakyat Palestina

2.281 views
Kebun Zaitun Palestina yang terbakar. Foto: PIP

TEPI BARAT – Di tengah rencana aneksasi atau pencaplokan tanah Palestina di wilayah Tepi Barat seluas 30 persen oleh Israel, gerombolan pemukim Yahudi semakin melunjak.

Mereka membakar ratusan pohon zaitun milik rakyat Palestina di wilayah Burin, Maduma, Nablus selatan, Tepi Barat utara.

Menurut kordinator urusan permukiman di Tepi Barat utara, Ghasan Doglas, gerombolan yahudi dari permukiman Yetsahar, yang berada di Nablus selatan, membakar ratusan pohon zaitun di kawasan selatan desa Burin dan Maduma.

Sebelumnya gerombolan yahudi membakar ladang pertanian di bukit Shabih wilayah kota Beita, Nablus selatan, yang menyebabkan kebakaran luas di lahan pertanian di kawasan tersebut, seperti dinyatakan walikota Beita, Fuad Ma’ali.

Walikota Beita Fuad Ma’ali menyatakan, sejumlah pemukim “Tafouh” membakar lahan pertanian di gunung yang mengakibatkan pembakaran daerah pertanian besar di daerah tersebut.

“Para pemukim Zionis memasang tujuh tenda di tanah milik warga di puncak Gunung Sobeih, tanpa pemberitahuan sebelumnya dan tanpa mengetahui alasan sebenarnya di balik langkah ini,” jelas Fuad.

Seperti diberitakan Pusat Informasi Palestina, Senin (20/7/2020) para pemukim Zionis beberapa kali mencoba untuk mengambil alih daerah ini, baik dengan memasang rumah mobil mereka atau dengan mendirikan tenda. Namun mereka terkejut setiap kali mendapat respon yang kuat dari para penduduk kota Palestina.