Suriah Klaim Cegat Rudal Israel yang Akan Serang Damaskus

188 views
Ilustrasi Rudal Israel hantam dekat lokasi bandara di Damaskus/ AFP

SURIAH – Pertahanan udara Suriah mengklaim   telah berhasil mencegat serangan Israel dengan rudal di atas ibu kota Damaskus.

Media resmi Suriah menyatakan rudal-rudal Israel terbang di atas Dataran Tinggi Golan Suriah untuk menyerang sekitar ibu kota dan tayangan langsung menunjukkan sejumlah ledakan di penjuru langit ibu kota.

Sejumlah pangkalan yang diserang di wilayah timur, tengah dan selatan Suriah itu diserang Israel dalam beberapa bulan teraakhir. Lokasi itu diyakini menjadi basis para milisi yang didukung Iran, menurut sumber intelijen dan para pembelot militer yang mengetahui lokasi itu.

Suriah tidak pernah mengakui bahwa berbagai serangan itu menargetkan aset-aset Iran. Kehadiran militer Iran hampir mencakup sebagian besar wilayah yang dikontrol pemerintah Suriah.

Sumber intelijen Barat menyatakan serangan Israel di Suriah bagian dari perang bayangan yang disetujui Washington dan bagian dari kebijakan anti-Iran yang merusak kekuatan militer Iran tanpa memicu peningkatan permusuhan.

Pejabat pertahanan Israel menyatakan dalam beberapa bulan terakhir Israel akan meningkatkan kampanye terhadap Iran di Suriah.