Dompet Dhuafa dan Chevron Resmikan Puskesmas Pembantu Plus di Lombok

LOMBOK – Berlokasi di Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dompet Dhuafa dan Chevron membangun Puskesmas Pembantu Plus (Pustu Plus).

Proses pembangunan diawali peletakan batu pertama pada akhir September 2019 oleh Bupati Lombok Utara, Kepala Dinas Kesehatan, Sr. VP Corporate Affairs PT. Chevron dan Ketua Yayasan Dompet Dhuafa. Pembangunan Pustu Medana mulai dilaksanakan secara simultan hingga tahap penyediaan fasilitas dan peralatan medis yang siap digunakan.

Wahyu Budiarto, Vice President Chevron, mengatakan bahwa tim Dompet Dhuafa bekerja luar biasa sejak 2018, sejak respons gempa terjadi. Hubungan partnership Chevron dan Dompet Dhuafa pun cukup intensif.

“Pustu ini bagian dari empati kita dari kejadian gempa lalu. Pustu ini jg merupakan kontribusi karyawan, dan oleh perusahaan di gandakan agar matching fund, salah satu cara mengapresiasi kontribusi langsung dan bersama-sama sebagai perusahaan mendukung kemanusiaan,” katanya.

Dalam proses pembangunan, Chevron dan Dompet Dhuafa juga bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara sebagai pemangku kepentingan setempat. Agar, prosedur pembangunan sesuai dengan standar dan peraturan yang berlaku sehingga operasional Pustu nantinya dapat dikelola secara optimal dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

Sejak Februari 2020, pembangunan sudah selesai 100 persen dikerjakan. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan peralatan medis beserta penunjangnya sehingga Pustu Medana siap untuk diserahterimakan dan dioperasikan.

Karena terkendala pandemi Covid-19 dan izin acara dari pemerintah, serah terima gedung ini pun baru bisa terealisasi Senin (27/72020). Acara serah terima dilakukan secara daring (online) yang ditayangkan secara live melalui kanal YouTube DD TV sejak pukul 14.00 – 15.30 WITA.

Diikuti oleh Sr. Vice President Corporate Affairs PT. Chevron, Wahyu Budiarto, dan Ketua Yayasan Dompet Dhuafa, Nasyith Madjidi, di Jakarta kepada Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar, dan Kepala Dinas Kesehatan yang hadir di Pustu Medana Lombok Utara. Serta, para pejabat dan instansi lain di lingkungan Kabupaten Lombok Utara beserta unsur masyarakat dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.