Dompet Dhuafa dan Chevron Resmikan Puskesmas Pembantu Plus di Lombok

Peresmian ditandai dengan menekan tombol sirine, pemutaran video pembangunan puskesmas, dan penandatanganan serah terima oleh Kepala Dinas dan Bupati (Sekda) Lombok Utara yang disaksikan secara virtual oleh Dompet Dhuafa dan Chevron. Serta, dilanjutkan dengan peninjauan ruangan juga pengecekan alat kesehatan.

“Dalam kesempatan ini, kami bersyukur, menurut laporan tim kami, pembangunan ini lebih cepat dari perkiraan. Hanya lima bulan sejak September 2019. Melalui Pustu Plus ini, fungsi Dompet Dhuafa bersama corporate, mengisi ruang-ruang kosong yang sepatutnya diisi oleh kita di luar program pemerintahan,” kata Ketua Yayasan Dompet Dhuafa, Nasyith Majidi.

Nasyith berharap, Pustu ini bisa memberi manfaat secara maksimal. Dan, bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya warga Medana. Pustu Medana memang disiapkan sebagai fasilitas layanan kesehatan tingkat pratama yang melakukan upaya kesehatan dalam bentuk promotif, preventif, dan rehabilitatif.

Fasilitas kesehatan ini merupakan Pustu pertama di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang menyediakan layanan dokter, perawat, dan bidan di satu lokasi. Sehingga, memungkinkan pelayanan tersedia 24 jam bila dalam keadaan darurat.

Selain itu, bangunan Pustu dirancang oleh DD Construction dengan struktur yang ramah gempa, mudah diakses bagi penyandang disabilitas dan orang-orang berusia lanjut. Serta, tentunya memerhatikan standar prosedur keselamatan. Oleh karena itu, Pustu ini dinamakan sebagai “Pustu Plus”.

Terdapat fasilitas empat ruang utama, dua kamar pendukung, musala, dan tiga toilet; untuk umum, manula, dan disabilitas. Fasilitas tersebut yakni ruang bersalin, ruang pelayanan KB, ruang pemeriksaan umum, ruang tenaga medis, juga ruang tunggu. Terdapat hand reli di tiap koridor, operasional selama 24 jam. Juga, ada ruang obat untuk meracik dan penyimpanan.

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Utara, Lalu Barudin, menambahkan bahwa kantor bupati dan kantor DPRD juga belum terbangun. Masih banyak yang berkantor di kantor sementara.