Hampir Seluruh Wilayah Jakarta Kembali Lagi Jadi Zona Merah Penularan Covid-19

Ilustrasi/Sinar Harapan

JAKARTA – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengatakan hampir seluruh wilayah di DKI Jakarta kembali menjadi zona merah atau berisiko tinggi terhadap penularan Covid-19.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur kini berubah lagi menjadi zona merah dan hanya Kepulauan Seribu yang masih masuk kategori zona kuning atau berisiko rendah.

Satgas Covid-19 mencatat jumlah kasus positif meningkat dari 1.880 kasus pada minggu sebelumnya menjadi 2.679 kasus pada sepekan terakhir.

Bahkan Kepulauan Seribu yang hingga pertengahan Juni lalu tidak memiliki kasus positif, kini juga telah terdampak dan menjadi zona kuning.

Sementara itu, wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Utara yang dua minggu lalu sempat membaik menjadi zona oranye (berisiko sedang), kini justru kembali menjadi zona merah yang berisiko tinggi.

Wiku menuturkan sebanyak 80 persen pasien yang terinfeksi di DKI Jakarta berasal dari kalangan produktif dengan rentang usia 18-59 tahun.

Sedangkan 80 persen kasus meninggal berasal dari kelompok usia di atas 45 tahun.

“Artinya, penularan justru banyak terjadi di kelompok usia produktif, sedangkan korban meninggal justru pada usia lanjut,” kata Wiku.