Kurban Pertama Hadir di Pedalaman Desa Baru

107 views

KAMPAR – “Periode 2020 inilah, pertama ada pelaksanaan kurban, setelah empat tahun tidak ada kurban di desa kami,” seru Ali Muhtar, selaku Ketua DKM Masjid Baiturrahman, Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Jumat (31/7/2020).

Ia juga ungkapkan, “Meski di tengah pandemi, kami bersemangat dan bersyukur. Atas izin Allah SWT bisa melaksanakan kurban sapi satu-satunya dari donatur Dompet Dhuafa Riau,” sambungnya dilansir dari laman dompetdhuafa.org.

Karena alasan itu pula, memantik salah satu hamba Allah di sana yang terketuk hatinya untuk turut mempersembahkan kurban-nya, menyembelih seekor domba.

“Warga di desa kami umumnya bekerja sebagai buruh tani sawit, petugas security dan serabutan. Di tempat saya bekerja bahkan ada yang terdampak PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) akibat Covid-19. Maka itu saya terpanggil berkurban selagi sempat,” aku Hamba Allah tersebut.

Pandemi yang terjadi terkadang juga menantang kita untuk melewati batas normal. Selain kebiasaan normal baru yang digadang sebagai protokol kesehatan, saling berbagi #MenebarKebaikan semakin sering kita lakukan, di kala sempit.

Ya, pada Jelajah Kurban Nusantara di Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Dompet Dhuafa Cabang Riau menggulirkan 201 ekor hewan kurban setara doka (domba-kambing) yang tersebar di enam kabupaten wilayah Riau, selain di Kota Pekanbaru.

“Tentunya penyembelihan kurban kami upayakan tetap pada protokol kesehatan, menggunakan masker, kemasan distribusi menggunakan besek pandan,” aku Gio, selaku tim pelaksana lapangan THK Dompet Dhuafa cabang Riau. (Dompet Dhuafa/Dhika Prabowo)