Amonium Nitrat yang Meluluh-lantakkan Beirut

266 views
Kawasan pelabuhan Beirut, ibukota Lebanon luluh lantak akibat meledaknya 2.750 ton amonium nitrat yang ada di salah satu gudang (4/8) . 137 orang tewas, 5.000-an luka-luka dan 300.000 orang kehilangan tempat tinggal.

RIBUAN ton Amonium Nitrat yang meluluh-lantakkan kawasan pelabuhan Beirut, Lebanon, Selasa sore (4/8) adalah senyawa kimia yang biasa digunakan sebagai bahan pupuk atau campuran bahan peledak untuk kegiatan pertambangan.

Dilaporkan, paling tidak 137 orang tewas, 5.000-an luka-luka, belum lagi yang masih hilang, dan 300.000 orang kehilangan tempat tinggal akibat meledaknya gudang yang menyimpan 2.750 ton bahan kimia itu.

Begitu dahsyatnya ledakan yang ditimbulkannya, diduga berkekuatan sampai magnitudo 3,3 atau setara seperlima kekuatan bom atom yang dijatuhkan AS di Hiroshima, Jepang pada 6 Agustus, 1945 yakni 16 kilo ton TNT.

Ditemukan dan lalu ditambang pertama kalinya di kawasan gersang  Gn.  Atacama, Chili, Amonium Nitrat berupa kerak di tanah yang dalam perkembangannya kemudian  diproduksi sebagai bahan kimia sintetik.

Sebagai bahan peledak, Amonium Nitrat yang larut di dalam air, banyak digunakan di sektor pertambangan seperti pembukaan situs, kegiatan konstruksi sipil dan penggalian.

Namun penggunaannya juga berisiko karena dalam keadaan terurai menjadi gas dinitrogen oksida dan uap air, jika dipanaskan dapat terinduksi dan luruh secara eksplosif, sedangkan stok bahan dalam jumlah besar bisa memicu ledakan akibat oksidasi zat-zat campurannya seperti terjadi di kota Texas City, AS pada 1947.

Umumnya, Amonium Nitrat murni bersifat compact, stabil dan tidak mudah menyala , bahkan dalam berbagai kasus, senyawa kimia Amonium Nitrat yang tidak murni pun tidak mudah meledak di tengah  kobaran api.

Ledakan bisa terjadi akibat mekanisme transisi shock to detonation berasal dari muatan bahan peledak yang meledak dalam massa atau memantik campuran bahan peledak yang kontak dengan massa atau berasal dari api yang merambat ke Amonium Nitrat atau campuran  bahan yang mudah terbakar.