Hujan Abu Sinabung Rusak Ribuan Hektar Kebun Warga Karo

134 views
Ilustrasi:/Ist

MEDAN – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo, Metehsa Purba menyebut ribuan hektare kebun milik masyarakat di beberapa wilayah seperti Kecamatan Merdeka, Naman Teran, Berastagi, dan Dolat Rayat mengalami kerusakan sedang hingga berat akibat hujan abu vulkanis dari erupsi Gunung Sinabung.

Menurutnya yang terdampak  sampai saat ini ada sekira lebih dari 900 hektare dan abu vulkanis dari erupsi Gunung Sinabung juga membuat ribuan hektare kebun warga yang sebagian besar ditanami sayur-mayur terancam gagal panen.

Kabupaten Karo adalah salah satu pemasok sayur-mayur dan buah-buahan terbesar di Sumut. Wilayah itu merupakan produsen komoditi seperti kentang, kubis, cabai, tomat, petsai, dan kol bunga untuk Sumut.

“Yang jelas produktivitasnya menurun karena kerusakannya sampai 85 persen,” ungkapnya, dilansir VOA Indonesia.

Erupsi Gunung Sinabung terjadi dua kali dalam periode pengamatan pada Senin (10/8/2020), yang berlangsung dari pukul 06.00 WIB sampai 12.00 WIB. Petugas Pos Pengamatan Gunung Sinabung, Muhammad Nurul Asrori, tinggi kolom abu dalam erupsi dengan dua kali letusan itu mencapai 2.000 sampai 5.000 meter.